Kelompok kami melakukan survey terhadap dua operator seluler, yaitu XL dan Indosat.  Selain survey, kami juga melakukan review terhadap promosi iklan kedua operator seluler tersebut.  Iklan operator yagn kami review berasal dari web kedua operator seluler tersebut.

Survey yang kami lakukan adalah mengenai konektivitas kedua operator seluler tersebut saat lebaran karena pada hari-hari lebaran trafik sms maupun nelpon pasti akan meningkat.  Kami mencoba membandingkan bagaimana promosi iklan kedua operator seluler tersebut dengan kualitas layanannya.  Apakah dengan promosi tersebut suatu operator seluler tetap dapat memberikan layanan yang terbaik di waktu-waktu trafik sms dan telepon tinggi.

Excelcomindo

I.     Promosi Iklan XL
XL memiliki beberapa paket layanan yang disesuaikan dengan tariff dan keperluan.  Saat ini, XL memiliki empat macam paket, yaitu paket nelpon, paket sms, paket internet, dan paket blackberry.  Tiap-tiap paket tersebut memiliki subpaket masing-masing.  Kami  akan mereview mengenai dua mcam paket, yaitu paket nelpon dan paket XL.  Paket internet dan Paket Blackberry tidak kami review karena layanan yang kami survey hanya dua macam layanan, yaitu telepon dan sms.
Berikut ini adalah detail mengenai subpaket layanan:

Paket Nelpon
-    Paket Murah Sampe Puas
-    Paket Murah Berkali-kali
-    Paket XL Harga CDMA

Paket SMS
Paket 1 -> Jam 12 malam – 5 sore WIB kirim 500 SMS, Cuma bayar Rp 1500
-    Paket 2 -> Seharian kirim 500 SMS, Cuma bayar Rp 2000
-    Paket 3 -> 2 hari kirim 500 SMS, Cuma bayar Rp 3000
-    Paket 4 -> 7 hari kirim 500 SMS, Cuma bayar Rp 5000

Paket Internet
-    Paket Internet Rp. 20.000 untuk kuota sebesar 40MB atau Rp. 0,5/KB yang berlaku selama 30 hari.
-    Paket Internet Rp. 1.000 untuk kuota sebesar 1MB atau Rp. 1/KB yang berlaku selama 1 hari.
-    Paket Internet Rp. 2.000 untuk kuota sebesar 2MB atau Rp. 1/KB yang berlaku selama 2 hari.
-    Paket Internet Rp. 10.000 untuk kuota 15MB atau Rp. 0,67/KB yang berlaku selama 7 hari.

Seluruh paket ini akan aktif apabila diaktifkan terlebih dahulu kacuali untuk paket Murah Sampe Puas.  Paket ini adalah paket standar yang akan langsung diaktifkan apabila pelanggan mengaktifkan kartu XL prabayarnya mulai tanggal 1 Agustus 2009.  Untuk tariff yagn standar, XL menetapkan tariff sebesar Rp 150,00 untuk tiap sms terkirim dan Rp ??,oo untuk tiap menit panggilan.

Dalam iklan XL yang sering kita tonton di televisi, iklan XL sangat mudah dikenali dengan pemberlakuan tariff Rp 0,01,oo untuk segala macam layanan.  Akantetapi, iklan yang sering tampil di televisi ini perlu ditinjau lebih lanjut apakah promosi tersebut memang benar apa adanya.  Untuk itu, marilah kita tinjau satu persatu promosi iklan XL yang tertera di website resminya.

Promosi yang diletakkan pada halaman-halaman webnya ternyata jauh lebih lengkap dan detail dibandingkan dengna iklan di televisi ataupun surat kabar.  Berikut ini adalah promosi Paket Nelpon, yang terdiri dari tiga macam paket.

Paket Murah Sampe Puas
Paket ini menawarkan tariff yagn sangat murah saat menelpon, yaitu Rp 0,01.  Akantetapi, tariff ini tidak didapat degnan begitu saja.  Seorang pelanggan yagn menginginkan mendapat tariff semurah ini harus melakukan panggilan terelbih dahulu selama sekian detik tertentu dengan tariff Rp 20 tiap detiknya.  Metode ini berlaku untuk menelpon sesama XL.  Selain itu, untuk range waktu tertentu tariff yang berlkau juga berbeda.  Lebih rumitnya lagi, tariff yagn berlaku di suatu daerah tidak selalu sama untuk daerah lainnya.

Paket ini juga berlaku untuk menelpon ke operator lain dengan bermacam syarat dan tariff yagn sedikit lebih mahal.  Perbedaannya adalah tariff Rp 0,01 ini hanya berlaku selama sekian menit tertentu.  Selanjutnya tariff yang berlaku menjadi lebih mahal.

Paket XL Harga CDMA
Paket ini menerapkan tariff ebesar Rp 80/menit untuk melakukan panggilan sesame XL.  Hal ini berarti tariffnya lebih murah dibanding tariff standar sebesar Rp 1200/menit(Rp 20/detik).  Sementara itu, tariff utnuk panggilan local operator lain adalah Rp 480/menit dan Rp 800/menit untuk panggilan interlokal.

Paket ini harus diaktifkan terlebih dahulu untuk menggunakannya.  Dalam website XL, ada beberapa catatan mengenai paket ini.  salah satunya adalah tariff pengaktifan paket ini untuk pertamakalinya adalah gratis tetapi selajutnya tariff aktivasi paketnya adalah Rp 2000.  Tariff ini adalah tariff yagn berlaku secara default untuk pelanggan yang berada di Jabodetabek.   Kabar baiknya adalah tariff ini berlaku selama 24 jam.

Paket Murah Berkali-Kali
Paket ini tidak sama tariff dan ketentuannya untuk setiap lokasi.  Kami hanya mengambil syarat dan ketentuan yang berlaku untuk daerah Yogyakarta.  Seperti nama paketnya,  paket ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan panggilan dengna tariff Rp 0,01 untuk lebih dari satu kali telpon.  Syarat yagn diperlukan adalah pelanggan harus melakukan panggilan selama lama waktu tertentu dengna tariff standar.  Setelah itu, pelanggan dapat memanfaatkan tariff Rp 0,01 ini selama lama waktu tertentu.  Apabila dalam satu kali telepon lama waktunya belum sampai lama waktu sesuai ketentuan, pelanggan dapat melakuakn panggilan di lain waktu sampai kuota waktunya habis.

Tarif Rp 0,01 ini hanya berlaku utnuk menelpon ke sesame XL.  Untuk menelpon ke operator lain, tariff yagn berlaku lebih mahal dan bukan tariff Rp 0,01.

Paket SMS

Sama seperti paket lainnya yang penuh dengan syarat dan ketentuan, paket ini pun memiliki beragam syarat dan ketentuan bila pelanggan ingin menggunakan tariff Rp 0,01 ke semua operator.  Syaratnya adalah mengirim 8 sms dengan tariff standar.  Setelah syarat terpenuhi, pelanggan dapat mengirim 600 sms seharian dengan tariff Rp 0,01.  Akantetapi, ada beberapa catatan yagn perlu diperhatikan.  Salah satunya adalah 600 sms dibagi untuk dua range waktu yaitu 300 sms pukul 00.00-18.00 WIB dan 300 sms pukul 18.00-24.00 WIB.  300 sms ini tidak sepenuhnya berlaku untuk semua operator.  Kuota 300 sms ini berlaku 240 sms untuk ke sesame XL dan 60 sms ke operator lain.  Jadi, kuota sms ke operator lain lebih sedikit.

Catatan lain yang jarang diperhatikan pelanggan adalah tariff ini hanya berlaku selain tanggal 19, 20, da 21 September (lebaran) padahal di hari-hari ini pelanggan banyak mengirim sms.  Hal ini diberlakukan dengan alasan untuk menjaga kualitas layanan.

II.    Survey Layanan XL
Kami melakukan survey untuk dua macam layanan operator, yaitu layanan telepon dan sms.  Berikut ini adalah parameter yang kami gunakan.
-    Layanan telpon:  Rentang waktu antara call dan nada sambung
-    Layanan SMS :  Lama pesan terkirim

Survey ini kami lakukan selama tiga hari, yaitu tanggal 19,20, 21 September 2009.  Peritmbangan kami adalah bahwa dalam tiga hari tersebut trafik sms dan telpon kemungkinan besar akan meningkat karena tanggal 20 September adalah Hari Idhul Fitri (Lebaran).  Dalam satu hari dilakukan tiga kali pengambilan sampel.  Ada tiga macam range waktu dalam satu hari, yaitu pukul 10.00-12.00 WIB, 14.00-16.00 WIB, dan 20.00-22.00 WIB.

Berikut ini adalah hasil survey :

Survey XL 1
Catatan : pada pukul 20.00 WIB, pengiriman sms gagal

Hasil survey dan review iklan XL, kesimpulan yang dapat diambil adalah
-    Layanan XL tidak mengalami gangguan yang terlalu berarti
-    Pada jam-jam sibuk Hari Raya, kanal penuh akantetapi tidak terlalu mengganggu
-    Program Promosi XL terkesan rumit dengan bermacam syarat dan ketentuannya
-    Layanan XL cukup baik dan stabil meskipun program promosinya membingungkan

Indosat M3

Operator kedua yang kami survey adalah Indosat. Pada survey ini kami mengkhususkan salah satu produknya yaitu M3 yang merupakan layanan telekomunikasi bergerak prabayar yang dikeluarkan oleh operaor Indosat. Kami mulai dengan review iklan yang terdapat pada situs resmi Indosat M3 kemudian survey lapangan mengenai kinerja ketika trafik padat yaitu pada waktu hari raya. Pada akhirnya dapat disimpulkan sejauhmana operator ini dapat diandalkan dalam memenuhi kebutuhan komukasi pelanggannya.

I. Promosi Iklan Indosat M3
Beberapa layanan / promo yang ditawarkan oleh provider IM3 antara lain :
-    Gampang Nelpon & SMS SESUKANYA!
-    IM3 Mudah Mudik
-    IM3 Grup
-    IM3 Liburan Online
-    IM3 Groov3
-    IM3 Ce eS-an, SMS Gratis Puas Abis
Indosat M3 menawarkan cukup banyak paket yang beraneka macamnya. Karena segementasi kartu prabayar ini adalah remaja jadi paket sms merupakan layanan yang cukup didengungkan. Dari sekian banyak promo kami akan bahas yang berkaitan dengan telepon dan sms.

Gampang Nelpon & SMS SESUKANYA!
Layanan  memungkinkan kita untuk menelepon dengan tarif Rp 0,1 per detik seharian, itu yang disebutkan pada iklan. Tapi kenyataannya pelanggan mulai dikenakan tarif tersebut setelah telepon pada detik ke-sekian tergantung waktu panggilan. Terbagi dalam 3 waktu panggilan yaitu pukul 00.00 – 11.00 harus menelepon minimal 20detik, 11.00 – 17.00 harus menelepon minimal 80 detik, dan 17.00 – 24.00 minimal 130 detik. Jadi dari detik pertama hingga ke-sekian tarif yang dibebankan Rp 15/detik. Ini untuk wilayah panggilan Nasional kecuali beberapa daerah tertentu yaitu Purwakarta, Tasikmalaya, NAD, Sumut, Sumbar, Kendari, Palu, Papua, Manado, Maluku, Pekanbaru, Jambi, Bangka dan Belitung dan Bali Nusra.

Pada wilayah tersebut hanya terdapat 2 pembagian waktu yaitu 00.00 – 17.00 harus menelepon minimal 20 detik dan 17.00 – 24.00 harus menelepon minimal 130 detik. Seperti kebanyakan promo tarif Rp 0,1 adalah per 10 detik, artinya pemberian tariff sebesar Rp 0,1 selama 10 detik.

Pada layanan ini tarif SMS juga Rp 0,1/sms dengan ketentuan harus mengirim 10 sms dahulu dengan tarif normal baru kemudian mendapat bonus 100 sms dengan tarif Rp 0,1/sms. Terbagi menjadi 2 bagian waktu yaitu pukul 00.00 – 11.59 dan 12.00 – 23.59, jadi ketika kita sms antara pukul 00.00 – 11.59 sebanyak 10 sms maka bonus berlaku hingga pukul 11.59 saja. Disini terdapat pembagian wilayah juga yaitu tarif normal (10 sms pertama) di Pulau Jawa sebesar Rp 125/sms, di luar Pulau Jawa sebesar Rp 50/sms dan bila kita menggunakan voucher sms tarif yang dikenakan sebesar Rp 88/sms. Untuk sms internasional Indosat M3 membebankan Rp 500 setiap sms yang dikirimkan.

IM3 Ce eS-an, SMS Gratis Puas Abis
Paket IM3 Ce-eSan adalah program dimana pengguna Indosat M3 bisa sms gratis seharian ke 2 (dua) orang temannya yang nomor GSM Indosatnya (Mentari, Matrix dan IM3) sudah didaftarkan sebagai Ce eS-annya.  Pengguna IM3 dapat menikmati benefit ini jika dia sudah melakukan voice call dengan akumulasi Rp 1.500,-/ hari. Program ini dirancang bagi pelanggan IM3 untuk meningkatkan usage voice call dan SMS dalam komunitas kecil. Segementasi pasar Indosat M3 yaitu remaja menjadi target pasar utama IM3 identik dengan kegemarannya untuk membentuk kelompok kecil pertemanan (peer/geng/cs-an). Dalam kelompok kecil tersebut biasanya terjadi komunikasi intens antara sesama anggota kelompok. Kelompok kecil dan komunikasi intens di dalamnya inilah yang diangkat sebagai dasar utama program ini.

Syarat untuk ikut program ini adalah dengan menggunakan panggilan telepon minimal Rp 1.500,00 sehari, pelanggan akan mendapatkan SMS gratis selama seharian ke sesama anggota IM3 Ce eS-an, dalam hal ini panggilan yang dimaksud terdiri dari panggilan ke sesama Indosat, panggilan ke operator lain, dan panggilan international. Jumlah anggota dibatasi hanya 2 nomor Indosat. SMS gratis hanya berlaku hingga pukul 23.59 waktu setempat, pada hari yang sama. Pendaftaran anggota IM3 Ce eS-an  dikenakan biaya Rp 1.000 per hit. Setiap kali pelanggan melakukan updating dan pengecekan anggota IM3 Ce eS-an akan dikenakan biaya Rp 500,00. Jadi memang paket ini dikhususkan untuk penggemar sms. Tetapi hanya terbatas pada nomor tertentu yang sudah di registrasikan.

Dari penjelasan beberapa program / promo yang ditawarkan di atas tampak bahwa pada masing-masing program terdapat beberapa syarat dan ketentuan program. Di mana pada iklan baik di media elektronik dan media cetak biasnya syarat dan ketentuan tersebut ditulis sangat kecil sehingga sulit terbaca atau bahkan tidak tertulis sama sekali. Di mana untuk melihat keterangan syarat dan ketentuan tersebut, pengguna IM3 dapat langsung melihatnya pada pada situs IM3.

II. Survey Layanan Indosat M3
Kami melakukan survey untuk dua macam layanan operator, yaitu layanan telepon dan sms.  Berikut ini adalah parameter yang kami gunakan :
-    Layanan telpon:  Rentang waktu antara call dan nada sambung
-    Layanan SMS :  Lama pesan terkirim
Survey ini kami lakukan selama tiga hari, yaitu tanggal 19, 20, 21 September 2009.  Peritmbangan kami adalah bahwa dalam tiga hari tersebut trafik sms dan telpon kemungkinan besar akan meningkat karena tanggal 20 September adalah Hari Idhul Fitri (Lebaran). Dalam satu hari dilakukan empat kali pengambilan sampel, yaitu sekitar pukul 05.00, pukul 10.00, pukul 14.00, dan pukul 20.00.
Berikut ini adalah hasil survey :

Survey tanggal 19 September 2009

Survey tanggal 20 September 2009

Survey tanggal 21 September 2009

Kesimpulan Layanan SMS :
- Untuk Layanan SMS pada ketiga hari dilakukan observasi tingkat keberhasilannya adalah 100%.
- Rentang waktu paling lama antara pengiriman sms dan penerimaannya adalah 1 menit. Ini menunjukkan bahwa layanan sms IM3 cukup baik.

Kesimpulan Layanan Telepon :
19 September 2009

Layanan Telepon 19 September 2009

Tingkat keberhasilan panggilan pada hari Sabtu adalah 66 %, dengan rata2 waktu tunggu 4,32 detik

20 September 2009

Tingkat keberhasilan panggilan pada hari Minggu adalah 50,75 %, dengan rata2 waktu tunggu  6,17 detik

Tingkat keberhasilan panggilan pada hari Minggu adalah 50,75 %, dengan rata2 waktu tunggu 6,17 detik

21 September 2009

Tingkat keberhasilan panggilan pada hari Senin adalah 53,5 %, dengan rata2 waktu tunggu 5 detik

Tingkat keberhasilan panggilan pada hari Senin adalah 53,5 %, dengan rata2 waktu tunggu 5 detik